Selasa, 23 Juni 2015

Fragment of memories about final fantasy VIII

okay, entah kenapa gue jadi teringat sama hal ini...

sebelumnya pertama yang pengen gue ungkapkan adalah tentang khayalan, fantasy ...dimana khayalan itu adalah... em like a dream, something we can image , and something we can reach, if we do the best something that we wanna do with our heart...

ya di pagi yang menjadi sangat melankolis ini, sambil dengerin musik yang bener" indah http://www.youtube.com/watch?v=3mOMQ_S3OCc hati gue jadi melow, teringet sama sesuatu , em kenangan gue waktu gue masi kecil , kenangan dimana saat gue bener bener berekspresi, seneng akan sesuatu, seperti berpetualang, mengerjakan sesuatu sangat serius dengan hati, cuma demi sesuatu hal yang memang hanya bisa dirasakan indahnya oleh hati . tentunya hati gue yang paling ngerasain...

kembali ke cerita waktu itu aku masi hanya seorang anak berumur 9 tahun saat bertemu dan bermain dengan consoler game paling laris saat itu, playstation 1 . walau grafik yang memang STANDAR dan gambar masih "kotak kotak" ya yang seperti kita lihat sekarang,.. namun berkat kerja keras squaresoft team, salah satu develop game yang memang fenomenal ini bener bener membuat berjuta juta anak termasuk aku yang berfantasy saat memainkanya.. ya game ini adalah final fantasy VIII , pertualangan squall rinoa, queistis,zell,selphie dan irvine untuk menyelesaikan misi untuk membunuh soecress ultimetia, penyihir dari masa depan yang datang ke masa ini dan memiliki misi tertentu di masa ini.. mungkin dia ingin merubah masa lalu, agar future nya indah? who knows? ya untuk lebih lengkapnya bisa diliat disini http://en.wikipedia.org/wiki/Final_Fantasy_VIII


okay kembali lagi ke cerita yang pengen diungkapkan #apasih

tepatnya 12 tahun yang lalu waktu gue 9 tahun , gue mainin game ini bener bener dengan perasaan, seorang gadis kecil yang bahagia ketika berpetualang sebagai seed , melakukan pendidikan di sekolah seindah  balamp garden dan menyelesaikan yang diselesaikan dengan misi misi pertarungan sehingga sangat membutuhkan LV yang tinggi, setel junctision and many more. terlebih dengan OST  dari nobubo uematsu yang melantunkan musik sangat indah membawa kita terhanyut dalam indahnya grafik beserta alur cerita didalamnya. seperti game pada umumnya memang akan ada beberapa teka teki yang agak sulit dicari pemecahan persoalannya. sebagai contoh mencari jalan keluar dari train ke galbalia forest di ddisc 1, melawan setiap bos (jangan lupa untuk "draw point" semua bos karena memiliki GF). ataupun disaat kita harus menaikan level apabila kita dihadapkan pada lawan yang menurut kita agak sulit dikalahkan sehingga membutuhkan strategi dengan menggunakan berbagai magic, item dan summon. 

 Dari semua alur cerita, gameplay, teka teki dan kesulitan permainan yang ada di final fantasy 8 ini sangat membuat aku berkhayal dan berfantasy pada waktu itu dan aku bener bener memainkanya dengan sepenuh hati............ hingga ahirnya sampai pada  awal disc 3,. dan di saat ini game ini, bener bener menunjukan keindahan dari sebuah kesetiaan. kenapa saya bisa mengatakan demikian? 
karena pada saat awal disc 3 ini,  dimana saat rinoa tergeletak pingsan tak sadar dikarenakan kerasukan roh penyihir ultimetia(penyihir dari masa depan). aku dihadapkan teka teki dimana harus mencari sebuah kapal "white seed ship". mungkin untuk ukuran anak 9 tahun yang masi belum mampu untuk menyelesaikan game itu lebih lanjut, saya mentok. dan tidak menemukan sama sekali kelanjutan dimana white seed ship it be?. (pada masa itu belum ada walthrough dari internet dan majalah). kegigihan dalam pencarian bagian dari khayalan tersebut harus terhenti, kerusakan console PS1 yang aku gunakan menjadi masalah tambahan yang harus dihadapi demi mencari  bagian bagian khayalan indah yang tertunda. namun, keyakinan hati dari kegigihan saya waktu itu terus mencari dari jawaban dimana white ship, dan jawaban itu tak kunjung saya temukan hingga saya berumur 15 tahun.

kenangan terindah, tidak akan tercipta apabila tidak ada beban dan rintangan yang menggoda. 6 tahun penantian dan pencarian jawaban atas keinginan melanjutkan game yang berlandaskan kenangan indah pun ditemukan! thanks walthrough, thanks youtube thanks google dan thanks kepada para gammer dibelahan dunia lain yang rela menuliskan beberapa petunjuk mengenai bagaimana lokasi white ship dan bagaimana cara menggunakan emulator. kini, bagian kenangan dari khayalan yang sempat tertunda selama 6 tahun pun bisa saya dapatkan kembali. tidak masalah dengan pengulangan permainan dari awal karena menggunakan media game yang berbeda, tidak masalah waktu yang harus saya habiskan kembali untuk menyelesaikan beberapa misi dari disc 1 sampai ke awal disc 3, tidak masalah pula untuk tenaga yang saya habiskan. dan ahirnya setelah saya sampai di disc 3, penantian 6 tahun pun terbalaskan, dan sayapun ahirnya menemukan kapal white sheed ship, dan sebagai bonus, saya bisa terus bermimpi berkhayal dan meyematkan bagian bagian inggatan tentang khayalan dari permainan indah tersebut hingga tamatnya permainan.



Have faith in your dreams and someday

Your rainbow will come smiling through

No matter how your heart is grieving

If you keep on believing

the dream that you wish will come true - cinderella


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar